Jangan Mengeluh

"Berkali kita jatuh,
Berdiri jangan mengeluh.
Berkali kita gagal,
Ulangi lagi dan cari akal"


Sampai saat ini, pantun itu terus terpatri di benak saya setiap menemui kegagalan dan jatuh dalam hidup. Intinya adalah dalam hidup ini jangan pernah mengeluh dan teruslah berusaha. Namun, usaha tanpa berusaha memperbaiki cara fikir adalah sia-sia. Untuk itulah, kita harus terus mencari akal-akal baru sehingga peluang untuk berhasil menjadi lebih besar.

Mengeluh. Barangkali pekerjaan paling mudah di dunia ini adalah mencari kelemahan dari situasi yang dihadapi dan kemudian mengeluhkannya. Namun, apakah hanya dengan berkeluh kesah masalah yang dihadapi akan hilang? Sepertinya tidak. Malah, masalah baru akan datang dalam bentuk hilangnya rasa percaya diri dan pesimis.

Hidup ini, by nature, selalu penuh masalah. Mulai dari masalah sepele sampai besar. Seperti kehilangan kartu praktikum, file penting terhapus, amanah satu dan yang lain bentrok, IP yang terjun bebas, patah hati, atau kehilangan sanak saudara.

Namun, selama kita masih bernafas, masalah tersebut seakan menjadi nihil begitu kita ingat bahwa ternyata semua itu 'bukan masalah'. Begitu ada masalah 'baru', kita selalu menganggap bahwa masalah 'lama' adalah 'bukan masalah', dan kadang berfikir kok bisa-bisanya kita pernah terkungkung oleh masalah 'lama' tersebut. Begitulah, dengan berjalannya hidup, masalah datang silih berganti. Rugi sekali jika alih-alih menikmati hidup kita malah terkungkung oleh masalah.

"Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap" (Surah Al-Insyirah)
Kepada Allahlah kita senantiasa berharap.

Komentar

  1. SUBHANALLAH... MUL KAU TELAH MENGINGATKAN WIWIND YANG SLAMA INI BANYAK MENGELUH...
    ASTAGHFIRULLAH SEMOGA ALLAH MASIH MEMAAFKANKU ATAS RIBUAN KALUH KESAH YANG KELUAR DARI BIBIR INI...
    MAAF YA MUL...SELAMA INI WINDWIND BANYAK MENGELUH BAIK YANG MUMUL TAHU ATAU GAK...

    BalasHapus
  2. myul yang kmomen pke nbamaku itu syapa

    BalasHapus
  3. @miko: itu windi, miko. munkin waktu itu pake laptopmu kali.

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Pos populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR