Pos

Menampilkan postingan dari Maret, 2010

Muamalah Ala Lidah

Gambar
Kawan, kita kali ini membicarakan lidah. Sepele kan?
Dia sering tidak terlihat dari luar, tapi nyata sekali fungsi dan perannya. Dan segala mekanisme kerjanya ternyata sangat berimpitan dengan pesan arif tentang muamalah, interaksi sosial, dan kepercayaan. Lanjut bacanya, yah?

Indra pengecap tidak punya indra khusus layaknya indra-indra lain. Seperti Choclea pada pendengaran, Vestibulum (Utrikulus,Sacculus) & Canalis Semicircularis pada keseimbangan, Serabut Olfaktorius untuk Penghidu, dan indra lainnya.

Indra pengecap hanya berupa PAPIL2 RASA (TASTE BUD) yang menempel pada organ lain; yaitu lidah. Saya menangkap kesan tulus tanpa pamrih. Untuk berperan besar itu tidak perlu tampak diri. Tidak juga perlu berposisi tertentu. cukup dengan kita berbuat. Seperti layaknya taste bud yang tulus memberikan rasa nikmat bagi manusia.

Saya jadi ingat penyampaian dari salah seorang sahabat Nabi yaitu Fudail bin Iyadh, “jika bisa menjadi orang yang tidak dikenal maka lakukanlah. Apa ruginya …

Saudara Untuk Selamanya

Gambar
ya you know who : Thanks, Yuli Trisnawati. Untuk sore2 yang ceria saat SD, untuk surat2 yang heboh saat SMP, untuk kerinduan2 yang besar saat SMA, dan kualitas ukhuwah kita saat ini. Thanks untuk tawa dan cemberutnya :) Hm.. ya Allah, sayangi Yuli selalu, ya...
Sahabat : trimakasih cintaaaa.. i love u ^.^
aku masih simpan lho semua surat2nya. masih suka baca2. hhaa. kata2nya itu lhoooo.. anak smp bangettt. kangen semua masa2 itu^^
ya you know who : husshhh, cukuuup... ;) aku yo lupa nulis apa aja dulu ;p afwan yah suka bandel. jadinya dinasehatin mulu deh ;) jadi ladang amalmu terus deeh... Sahabat : jaaahh.. sama aja mulee. aku yg sering bandel. tp ada satu hal yg lucu. hahaha. kocak kocak kocak! dasar si mulki! eh surat2 waktu sd masi ada gak? surat2 ulang taun? hahaa :D ya you know who : satu hal apa? kejadian monyet yah? aaah... lupakan lupakan! aib ituu...
surat ulang tahun? kau masih ada? *berbinar2*
Sahabat : masih ada doong :)) kayanya :p
mau dibahas?? hahaa :D geliii lucu!
ya you k…

Cerita Abi

Gambar
“Ummi, abi, mohon doanya. Aku mau ujian komprehensif pediatric. Semoga bisa optimal dan barokah ilmunya.” Itu permohonan saya kepada orang tua menjelang ujian pediatric kemarin, yups… as usual before exam ;) eh eh.. ternyata selain doa kesuksesan, pun saya dapat bonus cerita dari abi tentang kenangannya dulu waktu ngurusin mulki kecil. Yatta.. yatta…^^
“Jadi dulu, Ki, waktu kamu usia 4 bulan, ummi dapat tugas ke Inggris selama 9 bulan. Yaa.. jadi selama itu abi ditemenin Lek Parni. Wah, abi bisa belajar dan praktik langsung bagaimana merawat, memelihara, memperhatikan, dan membesarkan anak. Bayangkan, pertama kalinya. Seru banget deh...” Yups, yups... jadi memang saya di keluarga dipanggil dengan panggilan ”Ki”, berbeda dengan panggilan teman2, ”Mul”. Keduanya saya suka, ada tastenya masing2 di hati. Hm.. ya memang, Mulki kecil dulu tidak sempat menikmati ASI eksklusif selama 6 bulan, apalagi 2 tahun sebagai masa terbaik seperti yang Allah bilang. Tapi secara ilmiah, 4bulan pemberian …

Calon Ibu: Menyusui

Gambar
Saya baru saja selesai blok Pediatri (Ilmu Anak). Sebagai calon Sp.A, semoga hasil dari proses belajar yang saya lalui kemarin baik, semoga tidak kena ujian perbaikan, bahkan semoga saja dapat A. Hm... banyak rasa juga asa yang hadir di blok pediatri kemarin; baik sebagai calon dokter, anak dari ummi abi yang suuuuper berjasa, juga rasa dan asa sebagai calon ibu. Ini sedikit oleh2nya.

Rasanya hampir semua wanita di dunia ini ingin merasakan salah satu fitrahnya yang ini juga; menyusui. Saya sangat bersyukur diberi kesempatan oleh Allah untuk banyak belajar tentang kesehatan manusia di kampus; kondisi normal, patologis, pertumbuhan fisik, perkembangan mental, termasuk kebutuhan nutrisi bayi sampai nini2-aki2. Thanks Allah. So... karena tau manfaatnya, bagi saya kesibukan karir, dakwah, studi atau yang lain, bukanlah alasan untuk tidak memberikan ASI nantinya. Hm... Andai semua calon ibu mengetahui kemanfaatan ASI, MUNGKIN tak ada lagi ibu yang menolak fitrah menyusuinya karena “takut …

Jaga Lisan dan Mata

Gambar
Jagalah lisanmu! Jangan kau menyebut kekurangan seseorang, karena kau pun memiliki kekurangan, dan orang lain juga memiliki lisan.
Jagalah matamu! Jika terlihat olehmu aib saudaramu, katakanlah, "hai mataku, orang lain pun punya mata."
In project: menyusui anak dalam islam dan medis. Waiting tresno, yaa...^^ hehe.

Love Bookfair So Much!

Gambar
Saya sangat cinta bookfair.  Jika nanti sudah besar, saya mau ah jadi EOnya bookfair.  Biar dicintai banyak orang...  Harapannya, karena mencintai eventny, jadi cinta dan mendoakan yang bikin eventnya juga :) hehe
Hasil huntingan  kemarin: 1. Riyadhus sholihin - Imam nawawi 2. Mencari Pahlawan Indonesia - Anis Matta 3. Pukat - Tere Liye 4. Buktikan Cintamu - M. Nazhif Masykur 5. Dahsyatnya Do'a - Solikhin Abu 'Izzuddin 6. Fadhilah Sholat Malam - Abu Abdillah Mubarak
hm... masih pengen lagiii... >,< tapi kesempatan kali ini, cukup ini dulu saja deh.  Karena ini pun, sebulan ini saya mesti motong uang makan saya.  Yang tidah boleh dipotong adalah alokasi uang untuk tabungan.  Yang tidak mungkin dipotong adalah uang voucher modem.
Ayo, cemul! Semangat baca buku... (Sedang lupa punya garapan SKRIPSI dan Textbook yang tebal2. xixixiiii... tobat, Mul! Jum'at besok ujian komprehnsif pedatric)



Bees

Gambar
According to all known laws of aviation, there is no way that bee should be able to fly. Its wings are too small to get its fat little body off the ground. The bee, of course, flies anyway. Because bee don't care what human thinks is impossible.
Bees said, "tancap aja, maaaang...!!" silly grin mode: on.