Postingan

Menampilkan postingan dari 2010

For Me, For You, For Us.

Gambar
Perbaharui kapalmu,
karena samudera yang akan kau arungi sangat begitu dalam dan luas.


Siapkan bekalmu,
karena perjalanan yang akan kau lalui sangat begitu jauh.


Turunkan bebanmu,
karena bukit yang akan kau daki begitu tinggi.


Ikhlaskan pekerjaanmu,
karena hakimnya nanti adalah Yang Maha Melihat.

Time to Bettering Future

Gambar
Kena sindrom purna lembaga kampus. Waktu jadi zonk banget sama keterbirit2an. Padahal amanah internal belum selesai, tapi sudah begini banget rasa zonknya. Berasa, lembaga bener2 ngikat perhatian saya selama ini. Ini karena terlalu totalitas atau keblinger yah? Hahaa.. The last one kayanya :p

Tapi, insya Allah apa yang saya dapatkan lebiiiiiiih banyak- pake banget - dibanding apa yang telah saya berikan kepada kampus dan isinya. Peluang2 belajar saya banyak sekali, jauh lebih banyak dari apa yang saya korbankan. Dan saya TIDAK MENYESAL, insya Allah, dengan keadaan saya yang sekarang ini. (FYI: saya sedang merasa sedang di lembah yang padahal seharusnya saya sudah berada di kawah di sebelah barat). It's okay. Air mata saya sudah terlanjur banyak terkuras satu tahun belakangan ini, sehingga sekarang saya sudah malas menangis. It's okay, Mul. Bukan masalah yang mesti dibesar2kan. You can handle it well. Will. Sholud. Must!!

Ayolah beib(ek)... You should really stand up, when stand…

Bahasa Cintaku

Gambar
Entah apa yang kalian rasakan ketika mendengar kata hebat, keren, TOP, atau luar biasa. Kata2 yang katanya bentuk pujian, yang ternyata secara faktual; abstrak. Menurutku. Hebat? Bagian mananya? Keren? Apanya? Maaf, no offense. Pikirankulah yang cukup weird untuk mandang sesuatu. Sampe2 aku ngerasa ga cocok jadi anggota DPR. Bagaimana bisa bawa suara rakyat kalo mikirnya suka ga umum? Kekeuh-an pula. Raaarrr banget, kan? Ini tentang kalian bagiku. Intinya: terima kasih untuk semua pembelajarannya.
Terima kasih untuk Nana Sutono. Guru tentang negosiasi advokasiku ga banyak, tidak semua orang mau melakukannya, apalagi bisa melakukannya dengan baik. Dan kamu adalah yang terbaik!
Terima kasih untuk Hasna Amania. Kamu tak selalu GJ. Bagaimana seorang GJ tulen bisa mengatakan, “Kamu bukan da’i, Ki, ketika kamu tidak mau menyampaikan kebenaran.” Thanks, Na.
Terima kasih untuk  Chairunnisa Puji Hapsari. Belajar darimu, memang sudah seharusnya ketika suatu pekerjaan atau tanggung jawab itu be…

Merapi : Episode Ristiningtias

Gambar
“ Jangankan manusia sehat jiwa raga, yang sakit salah satunya pun senang jika dimanusiakan, dengan sebaik2nya…” Tatapan matanya tidak seajeg gadis seumurannya, nanar. Tolah kiri dan kanan perlahan saja, tapi bukan perlahannya anggun atau santun, lebih lambat lagi. Senyumnya, pun responnya, anak kelas 4 SD pun bisa menyadari ada yang berbeda dengan dirinya.
“Mbak, boleh kenalan?” suara dan tepukan di pundak membuat saya menoleh kepada asal rangsang. Oh, gadis itu. Suaranya datar saja. “Boleh dooong. Aku Mulki, mbak siapa?” Saya : petakilan seperti biasa. Pengungsi yang lain; anak2, ibu2, sampe mbah2, begitu memperhatikan awal perkenalan kami. Ada yang berusaha memberi kode sesuatu, tapi saya tak berusaha menangkapnya, sepertinya saya sudah tau maksud mereka.
Saya banyak bicara dengannya. Walau berbeda, gadis itu masih bisa diajak bicara. Sekejap, saya merasa langsung kembali pada blok Psikiatri, ketika istilah2 kejiwaan dan gangguannya saya pelajari. Tidak perlu waktu lama untuk meng…

Hari Milikmu

Gambar
Kau cantik, sahabatku. Dengan jilbabmu. Yang kamu fahami, ia tak hanya pakaian, apalagi sekedar hiasan. Yang kamu yakini, ia akan mengantarkan dirimu pada ridho Illahi. Yang kamu bela, walau sempat lingkungan terdekatmu belum akrab dengannya. Tepat maka kukatakan, cantikmu tak hanya raga,  tapi juga mengakar dalam jiwa.
Kau hebat, sahabatku. Dengan semangatmu. Pada rasa perlumu akan sesuatu bernama ilmu. Pada rasa pedulimu akan sesuatu terhadap sekelilingmu. Pada rasa jengahmu akan sesuatu yang tak pada tempatnya. Pada rasa nikmat dan rindumu akan sesuatu terkait penghambaanmu terhadapNya. Semangatmu tercurah deras.
Kau baik, sahabatku. Baik kepada Ibu, Bapak, Mbah Ti, Bupuh, Bulik2mu, Paklik2mu, Saka, Ardi, Via, Fian, dan juga keluargamu yang lain. Kau baik kepada Nisa, Koni, Hasna, Lestari, Umam, Yovan, Taufik, Nana, Ganis, Agustin, Agustina, Yustin, dan sahabat2 juangmu yang lain. Kau juga baik kepada senior, juniormu, dan tetanggamu. Pun kamu sungguh baik memperlakukan saya, sahab…

Berlindung Sepenuhnya...

Gambar
Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani
Wa a’udzubika minal ‘ajzi wa kasali
Wa a’udzubika minal jubni wal bukhli
Wa a’udzubika minal ghalabatid dayni wa qahrir rijal.

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani
Ya Allah bebaskan dada2 kami dari rasa yang menghimpit, dari ketakutan berbuat baik dan benar. Lepaskan kami dari kebingungan2 dunia dengan memberikan sinar pada pandangan hati kami kemana semua tujuan bermuara.

Ya Allah hapuskan pula rasa sedih di relung2 hati kami, tarik nafas ragu2 dari rabu2 kami. Berikan kami rasa sedih jika tak turut atas hukumMu. Tanamkan rasa sedih di benak kami jika tak mampu berjihad di jalanMu. Bentangkan rasa sedih di jiwa2 kami jika kami tak bisa menyeru uma kepada shiratMu, shirat AlMustaqim.

Wa a’udzubika minal ‘ajzi wa kasali

Kami berlindung dari kelemahan2 yang menelikung napas2 kami sehingga kami tak kuat berlari dalam perjuangan membela dienMu. Lepaskan belenggu2 kemalasan dari setiap langkah kami untuk menghadapmu. Umat harus diba…

Qs for Brutus

Gambar
Hai, seseorang pada masa lalu. Lama kita tidak berbincang lepas seperti dulu. Perihal soal-soal sulit. Atau dinamika lingkungan yang kita rekayasa, sekaligus merekayasa kita. Tentang Negara Indonesia kita. Tentang cita2 hamba akhir zaman, yaitu mencapai kesholihan. Juga tentang kisah kecut manis para remaja, cinta omnya onyet. Hampir semua hal, we talked to each other. Till trifling thing, kaya bosan sama makanan di rumah, jerawat yang tak kunjung beres, juga tentang iklan baru yang ada di televisi. Haha, how austis we were!
Hai, seseorang pada masa lalu, bukan masa kiniku. Kau adalah salah satu orang yang saya kenal dengan semangat kontribusi terbesar kepada negaranya, kini masihkah? Semoga, ya. Saya selalu bahagia hati. Bahagia ketika kau jaharkan isi pikiran dan isi hatimu tentang Indonesia kita, dan maksud baikmu terhadap Indonesia kita. You infected me your crazy awareness about our Indonesia, you forced me to think and feel, opened eyes and heart, challenged me to act something f…

Caldok Bicara Tentang "Guru"

Gambar
Agama. Kedamaian. Jelas, pembawa kedamaian bukanlah preman bis kota yang suka malakin orang sembarangan.  Bukan pula seseorang yang memainkan gitar, tapi ternyata dirinya sama sekali tidak mengerti not doraemon, eh, doremifasollasidoo. Pun, pembawa agama yang baik mesti seseorang yang mengerti bagaimana menyampaikan berbagai keindahan beragama. Butuh yang kaya gitu. Usted tiene mi palabra. La verdad, amigo.
Sepakat kan, secanggih apa pun grand piano, yang memegangnya haruslah orang yang mengerti nada, orang yang memiliki jiwa dengan dentingan tuts hitam putih piano, orang yang mencintai piano! Pun guru matematika, pun guru memasak, pun guru-guru yang lain, termasuk guru “agama”. Mereka adalah orang yang mesti sudah merasakan keindahan yang diajarkannya… Usted tiene mi palabra. La verdad, amigo.
Okelah, saya adalah calon dokter. Bukan calon guru bergelar S.Pd. Tapi boleh dong ya saya bicara tentang rugu-rugu,  karena pun pada realitanya, minimal saya adalah guru bagi adik2 saya tentang…

Power Ranger

Gambar
Hm... cuma mau ngucapin makasih aja sih untuk matahari yang sudah ngajarin aku seni memberi, 
untuk awan atas ilmu tenang ama ikhlasnya, 
untuk pohon yang sudah ngasih tau bahwa keteduhan itu hak untuk semua, ga peduli orang baik atau jahat yang berteduh di bawahnya, 
untuk air atas ilmu tidak pernah mengeluhnya walau berapa pun jarak yang ia tempuh, 
juga untuk kalian yang udah ngajarin aku untuk tetap teguh dalam bergerak dan ikhlas dalam beraktifitas.

Mengigau Tentang Cinta

Gambar
Tafakurilah: cinta adalah kekuatan. Cinta bukan kesalahan, dan tak salah dia menamakan dirinya energi. Bersama cinta, kekuatan terpancar sempurna. Bernafas seperti dihidupkan. Memompa yang usang menjadi terjang. Menyemangati otot, tuang, darah bukan main derasnya. Menyemai benih2 yang lebih marak dari jamur pada musim basah. Hati akan melangkah lebih kapas dan riang. Cinta mewarnai manusia dengan pelanginya sendiri. Pelangi kombinasi yang berwarna lebih dari tujuh, lebih indah dari shubuh.

Akui saja: cinta adalah kekuatan. Kuat dan tangguh. Hebat! Banyak orang angkat tangan setelah setengah mati berusaha membumihanguskannya. Cinta itu panas dan lebih bara dari api. Salah strategi! Sesungguhnya orang yang tak pernah mengenal cinta tidak akan bisa mengalahkannya. Cinta hanya bisa diatasi, tapi bukan dengan menyalib nyawanya. Jikalau manusia berhasil membunuh cinta, itulah tragedy. Hidup tanpa cinta? Kurang waras. Kurang empati memutuskan untuk berhenti merasakan. Itu cont…

Zombie Perjuangan

Gambar
Well… akhirnya saya mencoba untuk write it down isi otak saya yang selama ini berguling-guling terus2an tanpa dosa, yang kadang jadi angin ngamuk dalam otak karena tidak terekspresikan dengan baik. "Well… " kata inilah yang akhir2 ini sering hadir begitu saja, sebuah kata yang sebenarnya bukan saya banget, sebuah kata yang sangat phlegmatic bagi saya, tapi well… memang seperti ini adanya.
Kehilangan ruh... Suatu keadaan yang sangat tidak boleh dialami oleh para aktivis dalam proses juangnya. Ruh membina, bagi aktivis thulabiyah. Ruh menulis, bagi aktivis pena. Ruh amaliyah taqwa, bagi aktivis al-Haq. Dan masih banyak lagi.
Ya… Saya merasa benar dengan statement, “aktivis pantang kehilangan ruhnya”. No way! Karena “aktivis tanpa ruh” sama saja dengan zombie perjuangan yang sebenarnya rapuh, gampang sekali ditebas, gampang sekali terlibas. Dan lebih parahnya, zombie perjuangan ini bisa menularkan kezombiannya. Parah! Alih2 mas’ulah, garda terdepan dakwah, tapi ternyata zombie,…

Selamat Tinggal 20ku yang EKSTRIM!!

Gambar
Well, I’m turning on 21. Dengan angka di depan yang mirip bebek, moga sifat saya tidak membebek kwek-kwek. Dengan angka di belakang yang mirip lidi, moga saya bisa jadi lebih gemuk, minimal nyampelah BB saya untuk bisa donor darah. Bayangkan saja, 21 tahun di alam semesta, belum pernah donor darah SATU KALI PUN! Rasa pengennya sudah nyampe ubun2. Gggrrr…
Menuju tanggal 17 Juni 2010, sejujurnya kepala saya rasanya sangat kesemutan. Kesemutan yang terus-menerus. Kalau tangan kesemutan, bisa kita tiup2 untuk menghibur si tangan… Lah kalo kepala, gimana niupnya? Urusan yang bertumpuk-tumpuk dalam satu waktu, menguji cara pandang saya dalam menyusun prioritas, menguji saya atas keyakinan bahwa dengan membantu orang lain, Allah akan memberikan kemudahan dalam urusan-urusan saya.
Dari milad ke 20 sampai ke 21.  Saya merasa ini TAHUN TER-EKSTRIM dalam hidup saya.  Semuanya serba ekstrim, semuanya serba sangat, semuanya serba banget.
Sangat banyak derai tawa bersama sahabat! Tapi juga sangat banyak…

Kebancian Tekad

Gambar
Kepada orang yang mengklaim dirinya menjadi bagian dari mata rantai mulia dakwah, tapi tanpa memberi bukti; hal itu merupakan kebancian tekad.

Ibnu Qayyim berkata: Wahai seseorang yang bertekad banci, dimanakah kamu berada?  Sementara jalan yang akan kamu tempuh adalah jalan dimana Nabi Adam telah capek, Nabi Nuh telah kehabisan suara, Nabi Ibrahim telah dilemparkan ke dalam api, Nabi Ismail telah digeletakkan untuk disembelih, Nabi Yusuf telah dijual murah dan mendekam beberapa tahun di penjara, Nabi Zakaria telah digergaji, Nabi Yahya telah disembelih, Nabi Ayyub telah menderita, Nabi Daud telah melebihi kadar dalam menangis, Nabi Isa telah berjalan sendirian, dan Nabi Muhammad SAW telah bergelut dengan berbagai kemisikinan dan rasa sakit, sedangkan kamu berbangga dengan hal-hal tidak berguna dan main-main??!!

Sebuah Azzam

Gambar
Saksikanlah…
Bahwa kami akan selalu membina, kapan pun, dan dimana pun.
Bahwa kami tidak akan membiarkan lingkaran yang telah terbentuk menjadi terbengkalai dan terlupakan.
Bahwa kami akan selalu memberikan ilmu pada lingkaran kami, bukan sekedar sebagai penggugur kewajiban.
Bahwa kami tidak akan membiarkan saudara kami berjuang sendiri.
Bahwa kami akan senantiasa mengingatkan satu sama lain untuk tetap teguh di jalan dakwah.
Bahwa tidak aka nada perpecahan, kedengkian, dan kebencian di antara kami,  yang berawal dari mulut dan tingkah laku kami sendiri.
SAATNYA BAGI KAMI UNTUK MENINGGALKAN MEDAN KATA-KATA,  MENUJU MEDAN AMAL YANG NYATA.

S - I - N

Gambar
Dia yang menyediakan matanya bagi pemandangan yang kusam norma, tidak akan mengenali kebaikan yang berada dalam jangkauannya.
Dia yang menyediakan telinganya bagi kata2 rendah dan hasut, tidak akan mengerti anjuran2 baik yang akan memuliakannya.
Dan dia yang menggerakkan tubuhnya mengikuti gerakan2 orang yang tuna malu,  akan menolak berjalan dengan cara yang akan meninggikan derajatnya.
STAY AWAY, PLEASE.
believe me, it's PAINful

Insyafilah

Gambar
Insyafilah selama ini diri terjajah…  Insyafilah selama ini diri ternoda …                                                 Oleh dosa-dosa … oleh debu dunia …      Terpelanting diri ke dalam kancah hina…                                                                       Bagai biduk dilantun ombak ganas ..                                                                                                    Bagai kancil diterkam hewan buas …                                                                                        Terpedaya … Tertipu… Terperangkap… Terjerat ….  Menangis hati ini … 
Sungguh sumbang terasa kaki ini melangkah…                                                                               Tanpa arah … tanpa ikatan dengan yang Kuasa   ….
Bisik-bisik nafsu… mengikis imanku…

Melewati batas cinta dan kasih murni…                                                                                       Wahai diri cinta yang sejati  ….��������������������������������������������…

3 Days to go: Geriatric Exam!!

Gambar
Kalimat hikmah today: SABBE SANKARA ANNICA
[ada yang tau artinya?saya beliin cokelat nih kalau ada yang tau =p hehe]



PESAN SPONSOR: DOAKAN SAYA BERKAH YA BELAJARNYA, SUKSES UJIANNYA, DAN BERMANFAAT ILMUNYA!! Yosshh!! Yosshhh!! Semangattttss...



Jadi ingat sms 2 minggu lalu: "Ummi... Abi... nanti kalau sudah tua, pokoknya ummi dan abi tinggalnya sama aku aja, yah."

Muamalah Ala Lidah

Gambar
Kawan, kita kali ini membicarakan lidah. Sepele kan?
Dia sering tidak terlihat dari luar, tapi nyata sekali fungsi dan perannya. Dan segala mekanisme kerjanya ternyata sangat berimpitan dengan pesan arif tentang muamalah, interaksi sosial, dan kepercayaan. Lanjut bacanya, yah?

Indra pengecap tidak punya indra khusus layaknya indra-indra lain. Seperti Choclea pada pendengaran, Vestibulum (Utrikulus,Sacculus) & Canalis Semicircularis pada keseimbangan, Serabut Olfaktorius untuk Penghidu, dan indra lainnya.

Indra pengecap hanya berupa PAPIL2 RASA (TASTE BUD) yang menempel pada organ lain; yaitu lidah. Saya menangkap kesan tulus tanpa pamrih. Untuk berperan besar itu tidak perlu tampak diri. Tidak juga perlu berposisi tertentu. cukup dengan kita berbuat. Seperti layaknya taste bud yang tulus memberikan rasa nikmat bagi manusia.

Saya jadi ingat penyampaian dari salah seorang sahabat Nabi yaitu Fudail bin Iyadh, “jika bisa menjadi orang yang tidak dikenal maka lakukanlah. Apa ruginya …

Saudara Untuk Selamanya

Gambar
ya you know who : Thanks, Yuli Trisnawati. Untuk sore2 yang ceria saat SD, untuk surat2 yang heboh saat SMP, untuk kerinduan2 yang besar saat SMA, dan kualitas ukhuwah kita saat ini. Thanks untuk tawa dan cemberutnya :) Hm.. ya Allah, sayangi Yuli selalu, ya...
Sahabat : trimakasih cintaaaa.. i love u ^.^
aku masih simpan lho semua surat2nya. masih suka baca2. hhaa. kata2nya itu lhoooo.. anak smp bangettt. kangen semua masa2 itu^^
ya you know who : husshhh, cukuuup... ;) aku yo lupa nulis apa aja dulu ;p afwan yah suka bandel. jadinya dinasehatin mulu deh ;) jadi ladang amalmu terus deeh... Sahabat : jaaahh.. sama aja mulee. aku yg sering bandel. tp ada satu hal yg lucu. hahaha. kocak kocak kocak! dasar si mulki! eh surat2 waktu sd masi ada gak? surat2 ulang taun? hahaa :D ya you know who : satu hal apa? kejadian monyet yah? aaah... lupakan lupakan! aib ituu...
surat ulang tahun? kau masih ada? *berbinar2*
Sahabat : masih ada doong :)) kayanya :p
mau dibahas?? hahaa :D geliii lucu!
ya you k…