Tips Sukses Dunia Akhirat

Sabtu, 5 Desember 2009

Putriku yang sholehah, umi ingin memberikan tips untuk mencapai sukses, baik sukses dunia, apalagi sukses akherat.

1. Perancangan yang matang (mature planning)
Untuk mencapai suatu harapan selalu ada kendala.  Namun demikian, kendala harus diatasi/ diminimalisasi untuk mencapai suatu harapan.  Lakukan mature planning agar harapan tsb hasilnya lebih maximal.
Sebagai Contoh :
            Perjuangan  Rasulullah Saw hijrah dari Mekah ke Madinah à menghadapi banyak kesulitan. Meskipun Rasulullah SAW yakin akan memperoleh pertolongan dari Allah Swt, tetapi Rasulullah Saw tidak santai-santai saja. Tapi beliau justru membuat perancangan yang matang bagaimana strategi perjalanan hijrah itu agar selamat menuju Madinah.

2. Kerjasama Yang Baik
Dalam hijrah, amat nampak bagi kita bagaimana Rasulullah SAW dan para sahabatnya bahu membahu dan Saidina Ali RA berkerjasama dengan baik.
Rasulullah SAW telah membagi-bagi tugas sesuai dengan bakat dan kepakaran masing-masing dan para sahabat menjalankan amanah yang diberikan oleh Rasulullah SAW dengan sebaik-baiknya.
Bila kamu punya kerja kelompok/ riset kelompok, lakukan kerjasama yang baik dengan teman-temanmu.  Bagi tugas, sesuai kekompetenan masing-masing. Pasti hasilnya lebih maksimal.
3. Pengorbanan Yang Besar
Hijrah Nabi SAW dan para sahabatnya ke Madinah juga memberikan contoh kepada kita betapa yang namanya perjuangan itu memang menuntut pengorbanan, baik pengorbanan harta, jiwa, tenaga, pikiran, waktu dan perasaan. Dengan perasaan yang berat, Nabi SAW dan para sahabatnya harus ikhlas meninggalkan kampung halaman dan keluarga, Saidina Ali RA dan Asma binti Saidina Abu Bakar As Siddiq terpaksa menanggung derita penyiksaan yang dilakukan orang-orang kafir terhadap dirinya dengan sebab menjaga rahasia tempat persembunyian Nabi SAW dan Saidina Abu Bakar As Siddiq di gua Tsur.
Putriku yang sholehah, kini kamu sedang menggapai sebuah cita, dokter.  Perjuanganmu, menuntut pengorbanan baik moril mapun materiil.  Kamu harus ikhlas jauh dari orang tua dan saudara yang kamu sayangi untuk mencapai cita-cita itu.  Pengorbananmu akan memberikan hasil dikemudian hari. Bersabarlah dan berdoa, niscaya Alloh akan mengabulkan cita-citamu.

4. Keikhlasan
Keikhlasan itu perlu dalam perjuangan, karena keikhlasan akan mencetuskan daya dorong untuk menzahirkan kesungguhan dalam perjuangan. Dengan keikhlasan, segala ujian, musibah dan kesukaran dalam perjuangan akan dihadapi dengan sabar dan ridha.
Itu pula sebabnya, Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang sangat kita kenal:
Sesungguhnya setiap amalan itu bergantung pada niatnya dan ia akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang berhijrah semata-mata karena taat kepada Allah dan Rasul- Nya, maka hijrah itu diterima oleh Allah. Dan siapa yang hijrah karena duniawi yang dikejarnya atau karena perempuan/pria yang akan dikawininya, maka hijrahnya terhenti pada apa yang ia niatkan kepadanya (HR. Bukhari dan Muslim).
Putriku yang cantik… Kamu harus ikhlas dalam berjuang mencapai cita-citamu.  Semoga keikhlasanmu mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam mencapai cita-citamu.

5. Persaudaraan Yang Indah/baik.
           Setelah Rasulullah SAW dan para sahabatnya tiba di Madinah, sambutan luar biasa diperlihatkan oleh orang-orang Madinah. Bahkan Rasulullah SAW sendiri sampai bingung harus tinggal dimana. Bingung bukan karena tidak ada tempat untuk baginda, tapi bingung karena hampir semua orang Madinah menginginkan agar Rasulullah SAW menetap di rumah mereka. Oleh karena itu Rasulullah SAW menyatakan “ biarkan unta ini berhenti, dimana dia berhenti, disitulah saya akan menetap.”
Ini merupakan isyarat dari Rasulullah SAW bahwa perjuangan yang berat dalam menegakkan ajaran Islam mesti ditopang dengan ukhuwah dikalangan kaum muslimin. Bila tidak disokong dengan ukhwah, meskipun potensi yang dimiliki oleh kaum muslimin sedemikian besar, tanpa ukhuwah akan membuat kaum muslimin menjadi tidak berjaya sehingga mudah dipermainkan oleh orang-orang kafir.
Putriku yang cantik…. dalam menggapai cita,  kamu harus menciptakan persaudaraan di lingkunganmu dengan baik, agar suasananya lebih kondusif.  Sehingga lebih memudahkan untuk menggapai cita.

6. Kebanggaan Sebagai Muslim.
Allah memperingatkan kita agar tidak putus asa sebagai seorang muslim. Allah berfirman yang artinya:
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman (QS 3:139).
Putriku yang sholehah…. Serulah dirimu dan teman-temanmu, untuk berjuang demi cita-citamu dan kemuliaan Islam. Arungilah ranjau, halangan dalam perjuangan dengan sabar dan ridha. Kuatkanlah pautan hati dengan Allah, agar kamu merasa nikmat dalam perjuangan ini.  Semoga kesuksesan menyertaimu.  Aamiin.

Taman Mangu Indah, 4 Desember 2009
Umi

Sayang umiiiiiii :-x 

Komentar

  1. pesan yang ringkas dan padat ... masih ada PR selanjutnya, setiap point bisa jadi postingan tersendiri .. blogger dakwah tetap semangat. perluas marketing ..

    BalasHapus
  2. @nisa: hehe. itu email dari ummiku, loh :)

    @ust. hatta: bener, ustadz :)

    BalasHapus
  3. subhanallah...afwan ikut nimbrung,,,

    BalasHapus
  4. alhamdulillah bgt ketemu blog ini.. banyak manfaatnya... :)


    mba minta ijin share blognya yah sama artikel2nya biar temen2 ku juga bisa ikut baca.. coba kapan2 di cek mba..

    ini fanpage blog aku.. :)
    http://www.facebook.com/nonaennoblogs.fanpage

    BalasHapus
  5. oiya.. sebelumnya terima kasih.. semoga makin byk yg berkunjung kesini.. :)


    amin

    BalasHapus
  6. terima kasih, enno sayang :D monggo.. semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR