Aisy #5 "Nasehat dan Adabnya"


HaQi (5 tahun)        : Assalamu’alaykuuumm.

Jam 5 sore, Haci lari2 masuk rumah sambil nenteng 3 kardus kecil yang ada bolongan di sisi kanan dan kirinya.

Aisy (7 tahun)       : wa’alaykumussalam.. #sambil tetap baca buku mitologi yunaninya#

HaQi keliling rumah, ke dapur, ke mushola, ke taman belakang, ke semua bagian rumah, tapi ia tidak menemukan yang ia cari. Lantas ia kembali ke ruang tv, dimana kakaknya sedang asyik masyuk dengan bukunya.

HaQi                      : Kak, bunda mana?


Aisy                        : LiQo. Tadi kan kamu diajak, tapi ga mau.

HaQi                      : Oh iya.. Ah.. Padahal HaQi mau ngenalin Andromeda, sombrero, dan supernova ke embun.

 Aisy                       : Ha? Siapa tuh?

HaQi                      : Nih... Anak2 ayam.. Namanya keren2 kan, Mbak?

Aisy                        : Aneh. Anak ayam kok dikasih nama2 galaksi.

HaQi                      : #nyengir# Biar selalu inget kalo Allah itu Mahakeren, Mbak. Ciptaannya banyak banget. Ga hanya manusia, tapi ada makhluk lain juga. Ga galaksi bima sakti aja, bahkan ada banyak banget galaksi yang lain.

Aisy                        : Iiiissh.. kata siapa tuh?

HaQi                      : Bunda. Kemarin kan HaQi izin sama Bunda dan Panda pengen pelihara anak ayam, skalian aja HaQi nanya nanti ayamnya dikasih nama siapa...

Aisy                        : Ganti aja namanya. Jadi bandeng, kakap, ama lele.

HaQi                      : Kenapa sih mesti diganti?

Aisy                        : Biar anak ayamnya dimakan ama kucing. Kucing kan senengnya sama ikan. Hahahaa..

HaQi                      : ...... Hiih  #jalan ke halaman belakang#

Aisy                        : #ngintilin adiknya#

HaQi                      : #mengeluarkan ayam dari kardus, membiarkan mereka kenalan dgn halaman belakang# Yang hijau namanya andromeda, yang biru namanya sombrero, yang oren namanya supernova. #sambil nunjuk2 ayamnya#

Aisy                        : Kok ga beli yang warna pink sih?

HaQi                      : Sengaja. Biar ga diambil sama Mbak Aisy. #matanya ga lepas dari anak ayam#

Aisy                        : Iiiih... Mbak Aisy beri nasehat, ya. Kita tuh ga boleh pelit. Apalagi sama sodara sendiri. Yaudah deh... Kamu aja ya yang ngurus ayam2nya sendiri. Mbak Aisy gamau bantu.

HaQi                      : Iiiih... HaQi beri nasehat, ya. Kita tuh ga boleh cuek. Harus saling tolong-menolong. Apalagi sama sodara sendiri. #tergelak# #mata terus mengawasi anak ayam#

Aisy                        : HaQiiiii.. Emang kamu tuh, yaa..

HaQi                      : Kan kemarin Panda bilang, kalo kita harus saling nasehat2an. Ya, kan? #masih yakin 3 anak ayamnya ada semua di halaman#

Aisy                        : Iya.. Kan “Tiga golongan pertama yang masuk surga adalah orang yang mati syahid, orang yang menjaga diri dan kehormatan, serta orang yang beribadah kepada Allah dengan ihsan dan memberikan nasehat kepada ummat.”

HaQi                      : Iya.. Mbak Aisy kok inget sih? Bukannya waktu kemarin Panda cerita tentang nasehat dan baiat sahabat2 Rasul, Mbak Aisy lagi bantuin bunda bikin esbuah di dapur, ya? #mulai tolah-toleh antara anak ayam dengan kakaknya#

Aisy                        : Mbak denger dikit2. Yang ga denger jelas, Mbak tanya bunda...

HaQi                      : Oya, Mbak... Tadi masa’ temennya HaQi nangis kejer gara2 HaQi nasehatin... #mulai lupa sama anak ayam#

Aisy                        : Emang kenapa?

HaQi                      : Gatau tuh. Dia kan nyontek, trus HaQi bilangin kalo nyontek itu curang. Dosa. Perbuatan tercela. Temennya setan. Disiksa di kubur. Dicambuk malaikat. Dimakan belatung. Digigit kalajengking. Masuk neraka. Minum darah. Makan nanah. Ditempel besi panas. Gosong. Hitam. Mati. Hidup. Disiksa lagi. Mati lagi. Hidup lagi. Disiksa lagi. Menderita. Eeeh.. dia malah nangis. Manggil “mamaaa.. mamaaa” gitu. #makin lupa sama anak ayam#

Aisy                        : Hahaha #ngakak#

HaQi                      : Mbak.. HaQi beri nasehat, ya... Kita ga boleh ketawa lebar2 sampe keliatan gigi gerahamnya gitu. Ntar hatinya mati, loh. Trus... #lepas total pengawasan anak ayam#

Aisy                        : Ups. Udah udah... Iya, Mbak Aisy minta maaf. Lagian kamu siiih.. Adab nasehatnya diinget dong, dik..

HaQi                      : HaQi udah lakuin koook. #anak ayam mulai tolah-toleh ke dalam rumah#

Aisy                        : Apa aja emang, hayo?

HaQi                      : pertama, haQi yakin dengan kebenaran yang HaQi bilangin. #andromeda mulai masuk ke dalam rumah#

Aisy                        : Sip. Trus?

HaQi                      : Kedua, insyaALlah HaQi tulus ikhlas nasehatinnya. Bukan karena apa2 yg lain kecuali Allah. #supernova ikut2an masuk ke dalam rumah#

Aisy                        : Pinter. Trus?

HaQi                      : HaQi nasehatinnya ga di depan banyak orang, pas kelas lagi kosong kok. #sombrero masih menikmati halaman belakang#

Aisy                        : Naaah... Yang terakhir?

HaQi                      : Menasehati dengan ... #andromeda nelek di depan kamar panda dan bunda#

HaQi + Aisy         : Dengan lembut! #kompak tertawa# #sombrero berciap2 kaget, dengar suara teman manusianya#

Aisy                        : Mbak Aisy kemarin denger kok Panda bilang kalo empat2nya harus ada. Kalo salah satunya ga ada kaya apa?

HaQi                      : Kaya mau melihara ayam, tapi ga punya kandangnya! Malah bisa bikin celaka ayam atau pemeliharanya! #supernova nelek di karpet ruang tv#

Aisy                        : Naah.. Sip! Besok2 jangan nakut2in lagi, yaaa.. Hihi. Eeeh.. ngomong2, galaxy chicken pada kemana tuh? Kok cuma ada yang biruu?

HaQi                      : Aaaaa.. Emang HaQi biarin lagi main tadi, ga dimasukkin kandang dulu... Jangan-jangaaaaannn... #lari ke dalam rumah#

Aisy                        : Waduh. Mbak ga ik....

HaQi                      : Mbaaaaakkk... 

Aisy                        : #tepokjidat#

Komentar

  1. walah, akeh sing nelek iki, hehe

    BalasHapus
  2. iih, seru banget ya kakak-beradik ini :D

    BalasHapus
  3. nice conversation, n nice discussion..
    coba aku punya kakak atau adaik,,pasti seru yaa..:(

    oia kalau sempat Click ini
    ya,,minta masukannya biar lebih baik,,makasih..:)

    BalasHapus
  4. keren keren kak mulki... tapi ehh...itu benerannya ceritanya? seru amat...hihih..jadi pengen kayak gitu dehh...

    BalasHapus
  5. Subhanalloh..kayak gini nih yang aku suka, menyampaikan hikmah yang berat di balik cerita yang ringan. hehe. Tepat lho untuk anak-anak gitu. Ini Mulki yang nulis? Sudah coba bikin buku anak? :)

    BalasHapus
  6. keren cara mengungkapkan nasehatnya...obrolan ringan tapi syarat makna, juga khas anak-anak..

    BalasHapus
  7. terima kasih sudah membacanya.

    buku anak2? waah.. semoga ada kesempatan :)

    BalasHapus
  8. asiikk :D aku suka banget nih serial haqi sama aisy. gara2 ini kemaren aku sempet buat serial fajar sama senja. tapi baru setengah. ha.

    ya, mba..dikumpulin..ntar aku bukuin lagi buat adik2 deh ^^

    BalasHapus
  9. aaa.. mau mau.. serial senja dan langitnya manaaa...

    BalasHapus
  10. seru ya saling menasehati, keren22
    *sambil tutup induk, cz bau kotoran galaksi chicken, he...

    BalasHapus
  11. wuihhh, kakak beradik yang asikkk :)

    menikmati setiap percakapannya :) ketawa2 sendiri


    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR