Jumat, Maret 16, 2012

Resep Macaroni Schotel


Macaroni Schotelnya :D


Sudah ada yang pernah bikin macaroni schotel? Mudah, ya..

Beberapa waktu lalu saya bikin macaroni schotel sebenarnya untuk memuaskan lidah saya menari2 dan gigi saya meloncat2, karena suami saya ga begitu suka makan yang begini ini. Suami doyannya sayur asem, pepes, urap, jus apel tauge, dll. Makanan penuh keju kaya macaroni scotel, pizza, mayonnaise dll, cuma diicip dikit2. Hihiii… jadilah macaroni scotel ini dibagi2 ke tetangga (tetangganya di UIN. Jauh banget. Haha)

Ohya bentar, sebelum melanjutkan. Hanya ingin mengingatkan, karena mayoritas Sobba dan Sobbi mungkin sudah tau hal ini :) Lambang satuan gram yang sesuai dengan Satuan Internasional (SI) itu g, bukan gr. Coba lihat saja kilogram. Lambangnya kg, kan? Lantas bagaimana bisa gram menjadi gr? Tidak sejajar. Lihat contoh lain; Kilometer : km, meter : m. Jadi kilogram : kg, maka gram : g. Setuju? #Saya sempat ngotot2an sama pembimbing skripsi saya tentang hal ini. Haha.
CMIIW.

Yuk, mari biasakan yang benar. Bukan biasakan yang biasa.

Inilah resep macaroni schotel :D

Bahan
250 g macaroni jenis elbow.
198 g kornet.
100 g daging giling (boleh diganti sosis, smoked beef, atau yang lain)
1 wortel (parut)
300 g keju cheddar (200 g dipotong dadu, 100 g diparut)
700 ml susu full cream
6 butir telur (kocok biasa kaya mau didadar)
1-2 sdm minyak goreng

Bumbu
2 siung bawang putih (cincang)
2 bawang Bombay (potong kecil)
Margarine (untuk menumis)
Garam, gula, bubuk merica

How-To:

0. Niat :D
1. Belanja. Hm… membeli semua bahan saya menghabiskan kurang lebih 60 ribu IDR.
2. Jalan dengan anggun ke dapur. Pastikan alat2 siap, pake pinsip kreatif dan pantang menyerah :D
3. Baca basmalah agar barokah.
4. Rebus macaroni setengah matang. Jangan sampai kelembekan. Masukkan 1-2 sdm minyak goreng. Biar ga lengket satu sama lain.
5. Jerang kukusan yang sudah diisi air. Airnya ga usah banyak2, secukupnya aja. Selain hemat air, hemat gas, hemat waktu pula.
6. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine hingga wangi. Masukkan daging giling dan kornet. Tambahi dengan garam dan gula. Cicipin sudah pas belum.
7. Campur kocokkan telur dengan susu, macaroni yang sudah direbus setengah matang, tumisan daging, keju yang dipotong dadu, dan wortel (dan sayuran lain). Aduk rata. Tambahkan dengan garam, gula, dan bubuk merica. Ingaaaaat.. garamnya jangan kebanyakan, keju itu sudah asin :D
8. Masukkan adonan ke Loyang kukusan. Kukus kurang lebih 20 menit.
9. Angkat kukusan. Taburi atas adonan dengan keju parut.
10. Panggang! Hingga kejunya berubah warna keemasan.
11. Jangan lupa cuci yang kotor2. Kalo ga dicuci langsung, nanti diomelin suami. Hihihiiii…

Footnote :
-         Topping kejunya bisa pake yang quick melted atau mozzarella. Wuiih.. lumer2 gitu nanti.
Pake acara ngukus dulu agar lebih lembut macaroni schotelnya. Baru dipanggang, biar harum :D
-          Bisa juga ditambah jamur, brokoli, jagung manis, dll.

Selamat mencobaaaaa :D

21 komentar:

  1. pke quick melted,
    cesss.. slurrrup..
    ah.. mantap !

    BalasHapus
  2. Slurp. Orang rumah ga ada yang suka juga nih. Jadi lemak nambah deh makan seabrek sendirian.

    BalasHapus
  3. thank dah bagi-bagi resep...InsyaAllah tak coba bikin b'cause my son pasti suka banget...

    BalasHapus
  4. Total Biaya berapa niy Bu'?

    BalasHapus
  5. Wow. Kok kayak bala-bala yaaa? :D Tapi kayaknya enak ya Bu. Pengen dong, buat anak kost nih Bu. Hehehe. ^_^

    Salam kenal.

    BalasHapus
  6. wuihhh kirim ke makassar donk mbaaaa..pengen icip^^, aku penggemar kejuuuu

    BalasHapus
  7. kapan-kapan saya mau minta buatin sama mama saya ah, kayaknya enak :D

    BalasHapus
  8. melihat foto macaroni-nya..lapar langsung menyerang :)

    BalasHapus
  9. ghmm... nyuumi.. teh tukeran Link yah??
    aku udah pasang linknya...

    BalasHapus
  10. enakan mana sama yang digoreng nih?

    FYI, Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai, info lebih lanjut langsung saja ke blog saya.

    BalasHapus
  11. Mulki tukeran lInk YOK??

    MAU yah hehehe... berhrap biar rame.... link sobatku...

    BalasHapus
  12. pengenn coba mb hehhe
    salam kenal mb

    BalasHapus
  13. Perdana berkunjung ke sini.
    Penasaran, gimana rasanya tu makanan ?

    BalasHapus
  14. salam kenal ^_^
    pengen bikin macaroni schotel kalo pas waktu senggang

    BalasHapus
  15. mumpung ramadhan, ane pengen jualan schotel, beneran tuh belanja cuman kluar 60rb? patut dicoba nih

    BalasHapus
  16. hari idul adha emang cocok bikin chotel bareng keluarga :). terima kasih ya mba resepnya

    BalasHapus

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...