Aisy #4 "Usus Gundul vs Sayur Buah"

Makan. Sumber gambar dari koleksi suami juga.
Seperti biasa, siang itu pun mereka berkumpul di ruang keluarga, makan siang bersama. #ga punya ruang makan. Panda pulang dari kantor, Bunda pulang dari klinik, khusus untuk menemani Aisy dan Haqi makan dan cengkrama siang. Kebiasaan makan bersama, sekalipun itu adalah makan siang, memang sudah menjadi komitmen awal Panda dan Bunda untuk keluarga kecilnya itu. Tentu someday ada yang skip, mungkin Panda, Aisy, Haqi, atau Bunda. Tidak mengapa, asal kirim kabar sebelumnya.


Aisy (7thn) : Bun, inget Farah, kan? Teman sebangku Aisy.

Haqi (5 thn) : Ooh.. yang ngefans sama Haqi ya, mbak? Tiap ketemu, nyubit pipi Haqi mulu -,- 

Aisy : Ih, Haqi kaya Panda deh. Suka GR-an. Bun… Inget ga, Bun?

Panda : #mesem. nyerok sayur.

Bunda : Iya. Kenapa, Mbak?

Aisy : Farah cerita sekarang males makan. Padahal dulu2 makannya doyan kok, Bun. Katanya rasanya kembung.

Haqi : Masuk angin kali, Mbak. Orang pintar minum Taulak Angeun.

Aisy : Yee.. emang Panda suka masuk angin.

Panda : #mesem. nyerok sayur.

Haqi : Maag?

Aisy : Mbak Aisy ga tauu.. makanya mbak Aisy tanya Bunda. Buuun.. Farah kenapa?

Bunda : Emang sih, mbak, kembung suka bikin males makan. Tapi bukan kembung aja penyebab anak2 seumuran Mbak Aisy males makan.

Aisy : Emangnya?

Bunda : Bisa gara2 sariawan, radang tenggorokan, gangguan saluran pencernaan, TBC, dll.

Haqi : TBC, Bun? Takhayyul, Bid’ah, dan C(k)urafat, ya?

Aisy : Yee.. itu mah virus2 aqidah. Ya kan, Panda?

Panda : Exactly right. #nyerok sayur

Aisy : TBC yang Bunda maksud Tuberculosis. Paru2nya kena kuman Mycobacterium TBC. Ya kan, Bun?

Bunda : Exactly right.

Haqi : #nyengir

Aisy : Trus gimana, Bun?

Bunda : Keluhannya Farah kembung, ya… Kembung itu gara2 gas yang berlebih di beberapa bagian saluran pencernaan. Saluran pencernaan ada apa aja, hayo?

Aisy + Haqi : mulut, esophagus, gastric, duodenum, jejunum, ileum, colon, anus!!

Bunda : #senyum. Naah… Farah suka makan buah atau sayur ga?

Aisy : Ga.. sukanya makan sosis dan nugget terus. Ga suka makan sayur dan buah.

Bunda : Bisa jadi Farah kembung karena ususnya gundul. Tapi belum tentu juga. Sebaiknya Farah diperiksakan aja ke dokter biar jelas :)

Aisy + Haqi : Haaa? Ususnya gunduuuuuul?

Bunda : Iya, jangan salah… Ga hanya kepala dan hutan aja yang bisa gundul. Tapi usus juga. Gini, permukaan dalam usus kalo kita lihat lewat mikroskop itu seperti rumput. Namanya jonjot usus (villi). Makin tinggi rumput, makin bagus. Ujung rumput ini mengeluarkan enzim untuk menghancurkan dan mencerna makanan.

Aisy : Terus, Bun? Oh iya… Farah juga jadi jarang nge2’nya.

Bunda : Nah, kalo jonjot ini gundul, berarti kan sedikit enzimnya. Kalo sedikit enzimnya, makanan tidak akan tercerna dengan baik; masih padat. Trus makanan itu jadi tempat yang bagus buat berkembangnya bakteri. Jadinya produksi gas naik dan suka susah buang air besar.

Haqi : Kok bisa jadi gundul, Bun? Usus Haqi gundul ga, Bun?

Bunda : Kalo Haqi males makan sayur dan buah, usus Haqi juga bisa jadi gundul.

Haqi : Berarti ususnya Panda gondrong banget ya, Bun. Suka banget makan sayur ama buah soalnya. Udah rambutnya gondrong, ususnya juga gondrong. Hehe…

Panda + Bunda + Aisy : #ketawa

Aisy : Kok males makan buah dan sayur jadi bisa gundul ususnya, Bun?

Bunda : Seumuran kalian kan lagi masa2nya pertumbuhan dan perkembangan… nah, kalo kalian males makan sayur dan buah, salah satu akibatnya adalah tidak terangsangnya usus sehingga pertumbuhannya tidak optimal.

Aisy : Terus, Bun?

Bunda : Infeksi yang ga terobati dengan tuntas juga bisa membuat rumput usus mudah rusak. Alergi juga bisa.

Aisy : Terus Farah harus gimana, Bun? Biar doyan lagi makannya…

Bunda : Ya… harus dilihat dari permukaan dulu. Farah kenapa ga mau makannya… Apa karena emang bosan sama makanannya… Apa karena bosan dengan suasana makannya… Itu dulu yang dibenahi.

Aisy : Terus kalo masih ga mau makan?

Haqi : Iiih… Mbak Aisy kepo banget sih. Terus2 mulu. Kepo deeeh.

Aisy : #melotot

Bunda : Coba ke dokter. Biar dilihat apa ada sariawan di mulutnya, radang tenggorokan, maag, atau memang karena ususnya gundul.

Aisy : Kayanya Farah ga ngeluh sariawan dan sakit tenggorokan deh.

Bunda : Hm… Kalo emang gara2 usus gundul, dokter akan memberikan obat berisi enzym untuk menyupport pencernaan, misalnya cotazym dan vitazym. Tapi ngasih obat ini cuma sementara. Tetap Farah harus makan makanan berserat untuk merangsang pertumbuhan rumput ususnya.

Aisy : Oh gitu…

Haqi : Bundaaaaa… Haqi boleh tambah sayur?

Bunda : Yaaah.. Sayurnya sudah dihabisin sama Panda.

Aisy : Aisy juga mau. Yang di dapur?

Bunda : Juga. Sudah dihabisin semua. Daritadi Panda diem aja tuh lagi ngabisin sayur.

Aisy Haqi : Pandaaaaaa… >,<

Panda : #mesem. tidak nyerok sayur lagi. habis.

Komentar

  1. numpang ngetawain bagian terakhirnya ya buk... :D

    #huahahahahaha... Pandanya jadi panda O.o

    BalasHapus
  2. wiw keren banget anak umur 7 tahun udah apal sistem pencernaan. saya cuma tau bagian anus doang. hehe :D pinter banget ya anaknya sama kayak ibunya.. :D

    BalasHapus
  3. hghghghg... sederhana, tapi kena :D

    BalasHapus
  4. keren,
    kirain bakal cerita tentang "makan sambil berdiri"
    kayak di gambar
    ^^,

    BalasHapus
  5. ahahahahaha. . .mantaaaap :p

    BalasHapus
  6. @emje : hush.. akhwat ga boleh ngakak gt :P

    @ka : haha. aneh ya :P

    @fahrie : danke, brader :)

    @rizal : bisa kok seperti itu. pernah dibahas di edisi Aisy yang pertama : "Aisy#1 otak emas".

    @nyan hayu : semoga calon ibu dan calon ayah/ ibu dan ayah bisa menangkap maksud saya :)

    @iie : hihiiii :)

    @desy : hihi, maap yaa ga nyambung :P

    @kaito : danke :)

    BalasHapus
  7. ^^ ada-ada aja...
    semoga kami bisa jadi Yanda dan Bunda yang benar-benar bisa meladeni semua pertanyaan anak-anak, hehehe....

    BalasHapus
  8. aamiin. memang tidak smudah di tulisan :D hihi. smgt, ummu mimosyaaaaaahhh!!

    BalasHapus
  9. hihi.. giini nih, aku dari kecil gak pernah doyan makan sayur n cacingan mulu ahhaha doyan makannya yg isntan. Ampe orngtuaku pasrah,
    Akhirenya pas gede nyesel. Tapi ada hikmahnya skrg aku malah doyan makan sayuran apa aja bisa masuk ke mulut. dan paling suka pecel yg macem2 sayuran n hot hihi...
    parepun aku doyan... pokoknya smw deh, alhamdulillah tokh kelak akan jadi ibu hamil jadi hrs bisa makan sayuran hihi.. bener gak ukht?

    maksah infonya pas bgdd

    BalasHapus
  10. nice story..kk suka, eh ternyata udah pindah rumah ni dik mulki.kapan tasyakuran nya ?hihihi

    BalasHapus
  11. anak2nya cerdas banget ya he ^^

    BalasHapus
  12. Sebuah penjelasan yang simple tapi bagus. Kok usus bisa gundul? Karena jarang makan sayur. Btw kok ngerti banget masalah organ dalem. Guru biologi apa dokter sob?

    BalasHapus
  13. Menarik, dan sangat mendidik,...
    btw, haqi keren juga ya,.. 5 tahun udah tahu : Takhayyul, Bid’ah, dan C(k)urafat,.. hehe
    sepertinya Panda dan Bunda sukses mendoktrin si Haqi,...

    Nice Post!

    BalasHapus
  14. kook pinter bangeeettt siiihh *cubit2

    BalasHapus
  15. cerita sehari-hari di forum makan bersama keluarga.. sederhana dan bahagia, syukron kisahnya mbak ^.^. Follow blog ane juga dong mbak. Hihihi

    BalasHapus
  16. percakapan yang menarik...hehee

    oia,aku follow ya?berkunjunglah balik
    salam kenal

    BalasHapus
  17. Penjelasan medis yang sangat sederhana dan menarik..
    Salam kenal.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #4 : KPR

Day 1. Jakarta – Rantau Prapat : Aku Yakin Ini Ujung Dunia!