Me At 2008 (part 3)

Oktober
Semua pengurus BEM FK UNS bahu-membahu sukseskan Simposium Nasional, kuliah pagi sampe sore, langsung dilanjutkan pencarian peserta, datang ke satu praktikkan ke praktikkan dokter lain, datang ke rumah sakit juga poliklinik, tawarkan ke teman2 kedokteran, kakak2 co-Ass, juga yang punya saudara dokter. Ga peduli walaupun besok ada deadline laporan dan prestest, tetap berangkat, insya Allah tugas2 masih bisa dikerjain malam harinya. Siang dan malam, waktu yang sangat berharga buat kami.

Selain sibuk nyari peserta, saya ribet banget ngefiks-in pembicara2, mintain makalah dan soft file presentasinya. Hwahh, masalahnya saya berhadapan dengan orang yang jauh lebih tua, manner diperlukan banget! Hari pertama ketemu sama konsultan saya aja sudah bikin saya dimarah2in gara2 katanya saya kurang sopan bertanya sesuatu. Entah yang salah pertanyaan saya, atau salah nada suara saya. Benar2 banyak melihat kejadian di rumah sakit yang ternyata manner, hormati dokter, atau senioritas benar2 nyata di sini. Saya banyak berontak awalnya, seterusnya saya terbiasa. Ajigile!

Yang awalnya saya *orang yang berhadapan langsung dengan dokter dan profesor pengisi simposium* dimarah2i, dibilang tidak becus, lamban, dll.nya, pada hari-H justru dipuji2 banget, sampe2 disebut mahasiswa teladan. Ffiuuhhh, saya kalo ingat bagaimana saya dicela pada awalnya. Heggggs! Saya bisa tersenyum lebar, karena kerja keras semua panitia, hasilnya sangat memuaskan, peserta melampaui target, acara rapi, dan komentar para pengisi acara sangat positif.


November

Seperti biasanya, setelah ujian kompre, langsung mulai blok lagi. Setelah ujian kompre Neurologi langsung masuk ke Muskuloskeletal! Benar2 semester anatomi. Anatomi lagi anatomi lagi. Saya sangat menyenangi matematika, kimia, dan fisika dulunya, sekarang pas kuliah sangat pontang-panting dihadapkan dengan pelajaran yang mayoritas membaca dan menghafal. Butuh penyesuaian dan pengorbanan sekali. Saya sering melihat jadwal kuliah teman2 saya di fakultas lain, banyak banget jam kosongnya, bikin iriiii! Dan mereka takjub setelah melihat jadwal saya, pemerasan tenaga dan pikiran! Tapi benar kata senior saya, semuanya memang harus dipelajari, ga boleh diasal, kita harus jejek sama materi dasarnya. Semangat! Tidak boleh mengeluh.

Jujur, saya sangat menyenangi momen Field Lab, karena langsung turun ke masyarakat *puskesmas..* jika tidak ketemu dengan penduduknya langsung, minimal ngobrol dengan dokter dan petugas di Puskesmas, mereka lebih menyentuh ke masyarakat, mereka benar2 tenaga kesehatan lapis pertama yang mewujudkan Indonesia Sehat 2020 *udah resmi diganti dari Indonesia Sehat 2010..*

Desember
Bulan terakhir di tahun 2008, saya masuk ke blok Respirasi. Menyenangkan! karena praktikum di blok ini tidak terlalu menguras tenaga, walau pikiran sih tetap terkuras. 3 minggu berturut2 ke Boyolali terus buat Fieldlab tentang TBC, akhirnya saya bisa lebih tau tentang TBC, yang termasuk penyakit top rank di Indonesia. Selain kuliah respirasi, saya juga punya jadwal Workshop Farmasi, yang sumpah sulit banget. bagaimana bisa anak2 farmasi survive di tengah2 pelajaran yang kaya gitu banget? Arghh...

Bulan ini diumulai kiprah SSC dalam prokernya Rumah Singgah Binaan (RSB) dan Griya Sehat. Di Griya Sehat ini, selain pengobatan gratis, SSC BEM FK UNS, juga melayani konsultasi kehamilan, dan penyuluhan kesehatan. Kenapa bisa? Karena FK UNS itu terdiri dari 5 prodi, yaitu Kedokteran Umum, Kebidanan, Hiperkes, KK, dan Psikologi. Jadi memang karena kami adalah gabungan dari beberapa disiplin ilmu. Sambutan masyarakat Mojosongo atas kegiatan baru ini di luar dugaan, mencapai 80 pasien.

Di tengah2 bulan, saya sempat bermata bengkak dan merah, gara2 ditubruk srangga di gunung waktu upgrading BEM FK UNS. tapi ternyata saya memang saya punya banyak teman baik, ada yang ngasih salep, ada juga yang ngasih minyak tawon, juga ngasih doa semoga cepet sembuh. Selain itu, KESUMA Islam Kedokteran 2007 kembali ingin memberi kontribusi ke angkatan. setelah menyolidkan barisan yang sempat kocar-kacir, kami mengambil peran di tentiran OSCE, yang akan diujikan pada awal Januari 2009.

Setelah lalui ujian2 di blok respirasi, libur tha... Pulang ke Jakarta deh! Kembali bisa ngenet all the time. Heheh... Saya jalan2 mulu, ke ITC dapat sneakers biru baru *yippy..*, ke Taman Buah Mekar Sari ketemuan sama keluarga teman bokap dari Semarang *ergghhh... sedikit menderita di sini*, ke Kebun Raya Bogor sama keluarga teman2 ngaji nyokap, ke Tajur nemenin nyokap beli handbag *saya sih ga doyan tas2 cewek kaya' gituh..*. Saya berasa kampanye PKS banget setiap jalan2, heheh, abisnya selalu pake payung PKS pas panas atau hujan setiap jalan2.

Akhir tahun, dicoreng dengan kebiadaban Israel menyerang Gaza. Sampe sekarang sudah 1000 lebih luka2, 400an meninggal. Saya ga bisa ikutan aksi bareng teman2 di Solo, errrgh... Semoga segala doa, bantuan dana, obat, dan relawan dari umat Muslim seluruh dunia, bisa menguatkan Palestine.

End.

Beranjak ke 2009, selamat tinggal 2008.

Mulki Rakhmawati
-go girl! jadi cewek tangguh ga gamnpang mengeluh..!-

Komentar

  1. woww, mulki, refleksimu keren sekali... kalo aku ngebayangin kaya gitu ya, per bulan, ga inget semua mul...

    thans yah dah menginspired me, hehe... mulai taun 2009 kudu bikin nih... ihi ihi... semangat2..!!!!

    BalasHapus
  2. soalnya mulki punya agenda harian. heheh. biar ga lupa kalo besok lusa atau bulan depan ada sumthing2. eh ternyata berguna juga di akhir tahun. bantuin nginget2 udah ngelakuin apa aja. heheh.

    BalasHapus
  3. wah agenda harian, ya? salut2...terorganisir, ciri2 orang yang (bakalan) sukses....

    BalasHapus
  4. hohoho, sekarang mungkin sudah sangat mending dibanding jaman2 dahulu... Laporan di lempar ke luar jendela, kebun binantang, dll itu biasa di RS... welcome to the jungle... :p

    BalasHapus
  5. @Ala: Aamiin. thanks, dok :D
    @dr.Afie: hiks2.. iyah, iyah. kejamnya dunia rumah sakit..

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Pos populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR