Aisy #1 Otak Emas Anak

“Mbak Aisy, kita bernafas menghirup oksigen, masuk lewat hidung, disaring bulu2 hidung, masuk laring, lalu ke trakea, bronkus, bronkiolus, dan akhirnya alveolus paru." kata Panda (pasangannya Bunda) sambil menunjuk2 badan mbak Aisy sesuai posisi organ yang dikatakannya. Padahal usia mbak Aisy baru 1 tahun.

Ha? 1-t-a-h-u-n?
Padahal usia 1 tahun, anak paling baru bisa bicara kata2 sederhana dan familiar, seperti mama--papa... (Hiks2, bagaimana nasib kamiiii? Yang ingin dipanggil Bunda dan Panda oleh anak2 kamiii? *skip*).

Lau ngapain si Panda bicara seperti itu? Yaaa.. gini, lho. Kemampuan komunikasi anak usia 1 tahun adalah :
- mengenali namanya
- menggunakan gesture untuk menyampaikan perasaannya (menangis, menunjuk2 benda, dsb)
- mengikuti gerakan2 sederhana
- mengucapkan 1-2 kata

(Clinical Psychiatry, Kaplan&Sadock’s)

Years later, saat mbak Aisy sudah mulai dapat berbicara jelas, ia mendapati Bundanya sedang pilek, jadi hidungnya mampet, dan susah bernafas. Lalu mbak Aisy bilang, "Bun, kita bernafas menghirup oksigen, masuk lewat hidung, disaring bulu2 hidung, masuk laring, lalu ke trakea, bronkus, bronkiolus, dan akhirnya alveolus paru!" Mbak Aisy menyebutkan dengan lengkap apa yang dikatakan oleh Pandanya ketika usianya 1 tahun.

Ternyata, walaupun seorang anak belum dapat berbicara saat itu (karena usianya belum sampai pada tahap perkembangannya), namun perkembangan otaknya sangat pesat sehingga ia mudah menerima informasi dari lingkungan di sekitarnya.

Perkembangan otak terbaik adalah pada usia 0-5 tahun yang biasa disebut sebagai Golden Period. Masa ini adalah masa-masa yang sangat penting dalam perkembangan kecerdasannya. Stimuluslah terus otak anak-anak kita ketika usia itu. Jangan didiamkan, sesibuk apapun kita (kalo sibuk, kasih tau ke pengasuhnya ilmu ini). Jangan dianggap remeh, walau kita jadi terlihat aneh. Hal yang sangat mungkin bagi seorang anak untuk menyimpan pesan yang ia terima, kemudian mengolahnya di kesempatan yang lain, dan mengeluarkan memori itu saat diperlukan. Buktikan ;)

Jika sang Panda mengajarkannya tentang organ2 sistem pernafasan, bagaimana jika Pandanya selalu memperdengarkan dan mengajarkan Al-Qur’an? ^_^

*mothergonnabe*

Komentar

  1. betul hal penting adalah stimulasi...itu terbukti dengan si kecil saya, diusia 2 tahun mampu bicara lancar layaknya anak 3 tahun yang membuat saya berani mendaftarkannya ke playgroup karena dia mampu mengkomunikasikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya...

    BalasHapus
  2. subhanallah :) you are a great mom! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah membacanya :D dan terima kasih sudah mau komen. hehe...

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR