Menyapa Anjani; Menjaga Harta

Assalamu'alaykum, Anjani 

Seperti yang sudah kita tau, salah satu kewajiban seorang istri adalah menjaga harta suami. Dan yang disebut kewajiban tentu berbeda dengan wewenang. Jika kewajiban bersifat tidak boleh jika tidak, tapi wewenang itu artinya hak seseorang. Dan apa yang disebut harta? Dijawab benderang olehnya yang terpuji segala hal tentangnya, bahwa harta laki2 meliputi tiga; yaitu hati, lisan, dan istri yang berada dalam kondisi baik. Maka sesuai kalimat pertama, seorang istri tidak boleh jika tidak....    

Alfa ) Melindungi hati suami agar tetap dalam bingkai syukur; dengan berterima kasih ketika diberi uang belanja, juga sambil mengerti, juga mendoakan, juga ikhlas. Maka tidak seharusnya ada makian, omelan, bahkan gerutuan yang menjadi salah satu saja komponennya.    

Beta ) Melindungi lisan suami agar selalu berkata baik. Karena apa yang keluar adalah tergantung apa yang masuk, maka apa yang dikatakannya tergantung apa yang ia dengar, ia rasa, ia lihat, ia pegang,  ia tekuni, ia dapati dirinya bagaimana diperlakukan. Dan istri, ini peranmu :)    

Gamma) Melindungi diri kita sendiri agar tidak keluar dari birai iman dan selalu mengingatkannya akan pekara hari kemudian. Selalu memohon, Allahumma ashlihlii diinilladzii huwa 'ishmatu amrii, dst.... untuk dirinya, untuk keluarganya. Memohon berkali waktu, tiada bosan~tiada lelah~tiada keraguan.    

Jika suami telah ridho dengan apa yang istri usahakan, rasanya pasti sungguh tiada tara, melebihi rasa gembira saat dihadiahi banyak mutiara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR