Sinergi

Bercampur baurnya akar-akar dari dua tanaman yang tumbuh bersama dan berdekatanakan memperbaiki kualitas dari tanah dimana mereka hidup. Dua bilah kayu yg terikat secara bersama, dapat dijadikan pegangan lebih kokoh dibandingkan kekuatan jika masing-masing terpisah. Lengkap lebih besar daripada jumlah tiap-tiap bagian. Contoh dalam interaksi social adalah, dua orang yg kreatif bekerja sama akan dapat menghasilkan sesuatu yg jauh lebih baik diabndingkan mmasing-masing bekerja sendiri. Hal itu terjadi manakala buah pikir menstimulasi satu sama lain sehingga ide-ide bermunculan saling sambung menyambung. Pada akhirnya kita dapat berbagi ide baru dg setiap orang. Menghargai perbedaan, merupakan esensi dari sinergi, perbedaan mental, emosional dan fisiologis antar individu.

Dan kunci dari menghargai perbedaan itu adalah menyadari bahwa semua orang melihat dunia tidak sebagai sesuatu yang tunggal, melainkan sebagai sesuatu jamak, berbagai macam hal.Seorang individu efektif sejati, memiliki kerendahan hati dan penghormatan untuk mengakui dan mengenali keterbatasan persepsinya sendiri dan menghargai segala interaksi yg didasarkan atas hati dan buah piker individu lain. Individu yg menghargai perbedaan karena semua perbedaan itu memperkaya pengetahuannya dalam memahami realitas hidup.

Pada individu yg selalu gelisah, dalam menghadapi perbedaan, selalu mengajak individu lain untuk berpikir sama dengan dia pikirkan, mengepung diri mereka sendiri dg orang-orang yb berpikir sama. Mereka salah menempatkan keseragaman untuk kesatuan, kesamaan dengan keutuhan. Keutuhan sejati berarti ke-saling melengkapi-an. Keuntungan optimal dari sinergi akan terlihat ketika dua orang melihat sesuatu tidak pada cara yang sama.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR