Ide

*mikirin tentang ide sambil ngupil*

Ide... Apa arti ide?
Adakah ide yang original?

Seperti apa sih ide yang bisa dikatakan original?

Tentang arsitektur sebuah bangunan... poligonal ada karena berkumpulnya para segitiga, segitiga ada karena ada garis-garis yang membentuk sudut, garis ada karena terususun rapinya sebuah titik, dan seterusnya...

Tentang muatan tulisan...
Tentang gagasan penelitian...
Tentang gerak tarian..
Tentang melodi lagu...
Tentang ukiran gerabah...
Banyak.

Satu ide muncul karena telah hadir ide lain sebelumnya. Menurutku :)
Lalu yang seperti apakah sesuatu yang bisa disebut sebagai sebenar2nya ide?
bagaimana tentang originalitas?

Dari wikipedia tentang ide :
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: ide tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran.

Ide yang sudah dinyatakan menjadi suatu perbuatan adalah karya cipta. Untuk mengubah ide menjadi karya cipta dilakukan serangkaian proses berpikir yang logis dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang terus menerus sehingga antara ide awal yang muncul di pikiran dan karya cipta satu sama lain saling bersesuaian sebagai kenyataan. Alam Pikiran Yunani menjangkau pengertian Ide Ideal atau Ide Sempurna. Dari pemikiran tentang yang sempurna itu lahirlah gagasan-gagaan tentang ketuhanan sebagai Ide Ideal Tertinggi yang dapat dipikirkan dan dirasakan oleh manusia keberadaannya yaitu tentang Pencipta Makhluk atau Tuhan.
Hm... berasal dan kembali kepadaNya juga, ternyata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR