Tetap Menyusui dan Puasa Ketika Ramadhan. Mungkinkah?


Allah baik banget sama hambaNya.. Termasuk sama adik2 bayiii (masih pantes ga ya nyebutnya adik? :P) dan umminya pas bulan Ramadhan. Buat yang masih dalam masa menyusui, Allah memberikan keringanan untuk tidak berpuasa ketika bulan Ramadhan agar agenda menyusuinya tetap lancar. Tapi hitungannya utang (bayar di waktu lain) dan membayar fidyah. Hm... jika sang ummi merasa puasa Ramadhan tidak akan mengganggu proses menyusui dan tetap kuat (tidak memaksakan diri), monggo memutuskan tetap berpuasa..

Ini ada beberapa info :

Asupan menu dgn gizi seimbang
Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori per hari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yg sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dgn menu gizi seimbang. Yaitu pada saat sahur, ketika berbuka puasa, dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yg berguna untuk aktivitas kita hari itu. 


Perbanyak konsumsi cairan
Mulai dari berbuka hingga sahur, sebaiknya minum air putih sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, air madu, dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Berbuka puasa dgn minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.


Istirahat yg cukup
Merasa lemas saat berpuasa itu hal yg lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dgn cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. 


Tetap tenang dan percaya diri
Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.


Meminum madu, kurma dan habbtussauda
Dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda, diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga, karena madu, kurma dan habbatussauda merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR