Mas dan Mpok Kodok #8


"Menurut mas, hal apa yang paling penting dalam pernikahan?" .
Aku menduga2 yang akan dijawabnya adalah sekitar; tiada dusta di antara kita -hasek, atau kasih sayang, atau kesetiaan, atau sabar dan syukur, dll. Tapi tebakanku meleset, dia menjawab sesuatu yang tidak kupikirkan sebelumnya.
.
"Kompromi, nduk. Kita kepalanya beda, latar belakang juga berbeda. Mas orang alpha. Kamu juga alpha lagi. Jadi berusaha untuk selalu kompromi itu penting. Mas ga heran kalo suatu saat pikiran kamu ada di ujung barat, sedangkan pikiran mas di ujung timur. Kompromi itu ga harus untuk selalu ketemu di titik paling tengah kok, karena bisa aja pikiranmu yang di barat itu yang memang benar. Yang penting jalan mendekat, trus ketemu. Dan ga terpaksa. Itu baru kompromi. Jangan kamu selalu seperti manuuut aja, tapi sebenarnya grundelnya bertumpuk2 di hati. Itu bukan kompromi."
.
Dan kebiasaan maskodok adalah ketika aku masih diem karena sedang bersusah payah nyerap jawaban2 dia, apa tadi? Kompromi, alpha, barat, timur, titik temu, eeeeh dia ganti nanya, "Kalo kamu, Nduk? Apa yang mas harus selalu ingat?"
.
"Hm *duh belepetan lagi deh gue* hm.. Untuk selalu saling, mas. Saling menjaga, saling support, saling menasehati, saling menghibur, saling memaafkan, saling menghargai. Karena kalo ga saling, hanya satu pihak saja yang berusaha, mati2an.. Takutnya bakal cepet mati beneran, mas." Jawabku sekenanya. .
.
"hahaha. Oke.. Untuk selalu kompromi dan saling, ya. Deal."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarang Kodok #2 : Mencari Kompor

Rumah #6 : Deal! Alhamdulillah :)

Rumah #4 : KPR